Ke Jatinangor 29 Desember 2016

Hari ini pulang-pergi ke Jatinangor. Pas siang lewat daerah Cikalang, macet. Ternyata ada penggusuran bangunan di pinggir jalan. Jalan macet sudah mulai dari bundaran Cibiru sampai terminal angkot Cileunyi.

Pulangnya juga begitu. Malah pas mau putar sepeda motor sebelum pintu tol Cileunyi, disuruh mutar jauh dulu ke arah Rancaekek/Garut/Tasikmalaya.

Baru sekali ini disuruh mutar jauh pas mau masuk putaran Cileunyi ke arah Cibiru. Siang hari, kendaraan besar, muacet, dan mantap.

Geevv.com Mesin Pencari Buatan Indonesia

Nemu berita di linimasa Facebook. Muncul halaman Facebook CNNIndonesia .com. Judulnya, "Geevv, mesin pencari dengan misi sosial buatan mahasiswa UI".

Buka geevv.com, langsung uji coba pencarian. Baru 3 kali nyari, keliatan sudah nyumbang 30 rupiah di pojok kanan atas.

Lumayan pengganti bing. Kalau pencarian sudah kejepit gak ketemu, baru buka google.

Cuma belum bisa langsung dibuka di firefox. Harus buka manual dulu/buka alamat geevv, baru bisa pakai geevvv. Tidak langsung ngetik, langsung jalan mesin pencari. Tak apalah. Sudah kirim permintaan juga. Siapa tahu didengar.

Ganti "Load Commments" Plugin Wordpress Lazy Load for Comments

Lapak tarjiem.com baru pasang plugin Wordpress Lazy Load for Comments.

Pengaturannya sederhana. Cuma waktu dipakai, tulisan di setiap pos, bertulis "Load Comments". Padahal blog pakai bahasa Indonesia.

Cara Ganti Tulisan "Load Comments" 1. Masuk wp-admin > Plugin > Penyuntin/Editor 2. Cari di kanan atas nama pluginnya. 3. Di kanan (tampilan komputer) cari file/berkas lazy-load-for-comments/public/llc-comments.php 4. Cari kode ini, pakai (ctrl+f).

<?php if ( get_option( 'lazy_load_comments', 1 ) == 1 ) { ?>
        <button id="llc_comments_button" class="btn"><?php _e( 'Load Comments', LLC_DOMAIN ); ?></button>
    <?php } ?>

5. Ubah tulisan "Load Comments" jadi "Lihat Komentar" atau sejenisnya. 6. Kalau sudah, Perbarui Berkas/Save File 7. Selesai.

Sengaja catat ini. Biasanya, kalau pluginnya muncul versi terbaru, tulisannya berubah lagi jadi bahasa Inggris. Ini biar mudah saja carinya besok-besok.

Guna plugin biar bantu kecepatan blog Wordpress. Penjelasannya di elegantthemes.com/blog/tips-tricks/how-to-add-lazy-loading-wordpress-comments-why-thats-useful.

Hari Ini Daftar Ke e-resources.perpusnas.go.id

Hari ini daftar ke e-resources.perpusnas.go.id. Perpusnas atau Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang ada di Jakarta itu. Daftar via daring (online).

Waktu daftar dia minta nama orang tua. Cuma kenapa dia tidak minta surel konfirmasi. Walau surel tidak harus memang.

Lalu dia minta nomor KTP. Tidak ada verifikasi ulang. Bagus juga sih buat yang mau akses langsung.

Lumayan lah keliling di Perpusnas daring. Daripada keliling ke Google, informasinya kadang agak 'berantakan' yang ditampilkan.

Satu lagi ini buat kalangan akademisi id.portalgaruda.org/index.php

Lembar Putih Suriah

Nemu status Facebook tentang Suriah. Semoga bisa jadi pelajaran.

Statusnya nemu di https://www.facebook.com/arifianto.apin/posts/10209711145289806 Isi statusnya:

Teman-teman, sejak pembantaian manusia alias genosida di Aleppo meningkat intensitasnya dalam beberapa hari terakhir, terjadi juga peningkatan minat masyarakat untuk mengetahui: apa yang sebenarnya terjadi di Suriah? Mengapa terjadi genocide? Benarkah presiden membantai rakyatnya sendiri? Siapa yang teroris, pemberontak, dan siapa yang pahlawan? Benarkah latar belakangnya konflik Sunni-Syiah?

Sejak semalam saya selalu gagal dalam menampilkan tautan "Lembar Putih Suriah", untuk mengungkap fakta dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Sepertinya Facebook secara otomatis sudah mendeteksi tulisan tersebut tidak boleh muncul di Facebook. Akun saya semalam sempat dikunci Facebook juga. Ada apa ini???

Sekarang saya coba tampilkan foto-fotonya. Semoga tidak dihapus, dan Facebook tidak mengunci akun saya. Sudah 2 kali soalnya.

Silakan save juga tulisan-tulisan saya bertemakan kesehatan yang lain.

Gambar yang dibagikan ada 7 gambar. enter image description here enter image description here enter image description here enter image description here enter image description here enter image description here enter image description here

Tulisan diperbarui tanggal 19 Maret 2015, tapi sangat bermanfaat untuk dijadikan pelajaran kita semua.

Setelah ditelusuri, ternyata ada versi pdf 388KB yang diambil dari halaman http://sahabatalaqsha.com/nws/?p=13164 ini pdf dari sahabat al-aqsa dan ini cadangannya di blog iid.tarjiem.com.

Penulisnya adalah Sahabat Al Aqsha (Sahabat Suriah).

Semoga ada manfaatnya. Ini juga sepertinya gambar pertama yang diunggah di blog iid.tarjiem.com ini.

Ganti Sampul Facebook 2016

Barusan ganti sampul Facebook. Ada gambar dan ada tulisan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia.

Terinspirasi dari sampul Facebook lain yang tidak sengaja terlihat didalam akun Facebook. Kata-katanya cukup insipiratif.

Dream higher than the sky and deeper than the ocean.

Terjemahannya, "Bermimpilah setinggi langit dan sedalam samudera." Saat membaca itu, jadi ingat dengan,

Hiduplah seolah-olah hidup seribu tahun lagi. Tapi ingat, kematian pasti akan datang, entah kapan.

Jadilah akhirnya mengganti sampul Facebook bergambar ombak (badai) yang sebelumnya dengan gambar lautan dan langit biru yang tenang. Lihat di sini sampul Facebooknya. Gambar foto laut dengan resolusi 1920 x 1200 piksel nemu di 7-themes.com/6832892-horizon.html

Halo Zapier.com Salam Dari Facebook Fanspage

Setelah tadi berhasil uji coba ke Twitter, sekarang uji coba ke Facebook Fanspage.

Iseng nyari di bing.com layanan gratisan serupa dlvrit.com, ada banyak ternyata yang gratisan juga. Ketemu si Zapier.com.

Setel sana-sini selama 15 menit, jadi deh. Ambil paket gratisan saja.

Cuma pemberitahuan tulisan baru yang muncul di iid.tarjiem.com tidak ditampilkan penuh di Facebook Fanspage. Maunya ditampilkan penuh, biar tidak perlu ke sini lagi. Tapi belum melihat ada pengaturan yang menampilkan RSS Feed secara penuh di Zapier.

Sudah cukup, mari kembali ke sini.

Uji Coba RSS Feed Blog Ini ke Twitter @Ridhaharwan

Barusan menghubungkan RSS Feed blog ini ke akun twitter @ridhaharwan. Jadi setiap blog ini memunculkan tulisan baru, pemberitahuan akan muncul di twitter.

Layanan yang dipakai untuk menghubungkan RSS Feed dan akun Twitter adalah dlvrit.com. Pakai yang gratisan saja. Si Dlvrit ini juga sudah banyak membantu tarjiem.com sendiri dalam mengirimkan ragam pemberithuan ke media sosial yang tidak terjangkau oleh plugin wordpress Jetpack.

Mari diuji coba, apakah pemberitahuan tulisan baru di sini langsung muncul di Twitter @ridhaharwan.

Royalty Free Images Stock ($92,76) Termasuk Kata yang Mahal

Baru tahu kalau kata kunci ini termasuk kata kunci yang mahal. Kata kunci bahasa Inggris "Royalty Free Images Stock" punya nilai iklan $92.76. Entah perhitungannya bagaimana, yang jelas kata kunci ini kata kunci mahal yang dibayar mahal (HPK atau High Paying Keywords).

Kata kunci lain yang termasuk mahal adalah Mesothelioma Law Firm ($179). Jauh banget. Beda 100 dolar US.

Mungkin bisnis foto ini termasuk bisnis yang mahal. Padahal di luar sana atau di dunia yang berbeda, ada orang yang bersedia membagikan gambarnya secara gratis. Contohnya di Instagram.

Nah kata kunci ini diingat dan dicatat dulu. Siapa tahu bisa dipakai dengan blog bahasa Inggris.

Sumber: bersosial.com/threads/top-10-kata-kunci-termahal-di-usa.41151/